Prakerja.info

Seorang kawan mengirimi link “prakerja.info”. Tidak saya buka, tidak mungkin pemerintah membuat website dengan .info. CATAT!

Keesokannya, beberapa teman mengetahui dan sempat membuka website abal-abal itu. Saya tanya ke orang lain lagi, ternyata cukup viral karena banyak yang tau. Konon kata beberapa teman, link itu tersebar di grup-grup WA keluarga yang disebarkan oleh orang-orang tua.

Saya prihatin melihat sistem informasi ini. Bagaimana hoax dan tipu-tipu dengan mudah menyebarluas memanfaatkan keinginan kita untuk berbagi. Sekali lagi, untuk diriku sendiri dan orang lain, berhati-hati dalam berbagi. Tidak impulsif dan tidak merasa jadi pahlawan. CATAT! untukku sendiri.

Setiap website yang meminta kita mengisi form (nama, alamat, no HP, dan info sensitif lainnya) kita harus berhati-hati. Semua form yang diisi harus secara sadar kita isi. Data kita yang ada di tangan orang yang salah bisa dimanfaatkan, contohnya untuk telepon “Pak, anak anda sedang di rumah sakit, saya butuh transfer sekarang”. Lha wong anaknya ada di samping pak e hahahahha guoblok. Tapi banyak yang ketipu juga, hati-hati.

Kadang penipu memanfaatkan gelombang otak bawah sadar, saat santai ngantuk-ngantuk, jam-jam bangun pagi atau mau tidur, saat orang tidak sadar. Lebih berhati-hati lagi dengan nomer tak dikenal ya. Berhati-hati tanpa kecemasan berlebihan nanti anyingeti.

Yogyakarta, 26 Januari 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cak Parmin
Dihital
Jam Buka
Kualitatif