Perbandingan

Mixcloud dan Soundcloud sering dibandingkan karena sering digunakan untuk mengunggah mix atau playlist atau mixtape. Apa bedanya?

Saya baru sadar kegunaannya setelah membuat Radio Jono Terbakar yang mempunyai acara dengan durasi sekitar 1 jam. Setelah selesai siaran, rekamannya diunggah di Mixcloud, sebagai arsip untuk bisa didengarkan ulang. Mengunggah file selama satu jam apakah besar ukuran filenya? Tidak juga karena saya simpan dalam format .ogg. Sekitar 50-70MB.

Jono Terbakar punya Soundcloud, ada beberapa album yang diunggah disana. Dulu, saya bingung kenapa orang mau membayar Soundcloud PRO untuk mendapatkan durasi upload lebih dari 2 atau 3 jam. Karena saya hitung-hitung tiap album hanya butuh sekitar 30-60 menit. Mungkin yang butuh band-band yang rilisannya sudah banyak, pikira saya waktu itu.

Nah ternyata Soundcloud dan Mixcloud memang banyak digunakan oleh DJ atau orang yang membuat mixtape atau playlist. Durasinya 1-3 jam. Di Mixcloud gratis untuk mengunggah dan gratis untuk diakses. Di Soundcloud ada biayanya untuk mengunggah lebih dari 3 jam total seluruh unggahan, kalau tidak salah.

Musik dibangun oleh orang-orang yang memproduksi, orang yang mendengarkan, dan ternyata setelah menyelami Mixcloud dan Soundcloud, musik juga dibangun oleh orang-orang yang mengkurasi musik dan memperdengarkan ke orang lain.

Yogyakarta, 11 Maret 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dihital
Jam Buka
Kualitatif
Pagi