Pasar Seni Bukan Gabusan

Kemarin malam, dalam riset mendalam saya untuk mempersiapkan pameran tunggal yang superinsyaallah itu, saya stumbled upon ke video ini. Video ini seru, padat dan ringkat tapi menjelaskan dengan baik menurut saya.

Saya pernah datang ke Kopi Genk dalam diskusi bersama Mas Joni Barok (mohon maaf kalo salah penulisan namanya), beliau bercerita pengalamannya melukis lukisan pesanan dari luar negeri. Saya juga pernah jumpa Pakde XXX di Minggiran, yang hampir semua karyanya dibeli seorang pemilik galeri dari Belanda. Pernah juga berjumpa dan ikut ngobrol-ngobrol sama seniman terkenal yang sukses lewat jalur galeri. Ada juga pernah dengar kasak-kusuk dari teman tentang temannya yang jualan karya lewat IG.

Ada 1000 jalan menuju roma. Ada yang sekali jualan terus uangnya tidak habis tujuh turunan. Ada yang jualannya harian pendapatannya. Ada banyak model perjalanan hidup dan jalan hidupnya yang mau ditempuh.

Kembali lagi ke calon pameran tunggal saya, saya mau lewat jalan yang mana? Mungkin cuma kulonuwun, wong saya cuma iseng-iseng aja hihi

Setelah pameran tunggal saatnya pameran ganda campuran

Ternyata dari tadi ngomongin badminton

Yogyakarta, 29 Desember 2020
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cak Parmin
Dihital
Jam Buka
Kualitatif