Cara Upload Sendiri ke Spotify

Sebelum membaca, kalau ada temenmu yang butuh info ini, tolong dibagi link menuju kemari ya. Supersengsu.

Gara-gara beberapa kali bikin sharing/workshop upload lagu ke Spotify sendiri, saya sering ditanyain. Tulisan ini dibuat untuk jadi petunjuk menuju berdaya upload lagu sendiri ke Spotify.

Ada 2 cara: BAYAR dan GRATIS. Apakah ada yang benar-benar gratis? Ada, dengan beberapa keterbatasan. Ada, dengan berbagi royalti dengan agregator tempat kita upload. Kalau yang bayar gimana? BANYAK. Yang bayar dan yang gratis sama saja fungsinya: DISTRIBUSI DIGITAL.

AGREGATOR. inget kata-kata ini ya. Jadi Spotify melimpahkan masalah penerimaan karya ke agregator, pihak ketiga yang bertugas menyeleksi, mengkoreksi, mengurusi file-file audio yang akan masuk ke Spotify.

CD Baby, Tunecore dan Distrokid ini contoh agregator berbayar. Routenote, Amuse, dan Freshtunes yang gratis. Terus ada banyak lagi agregator tingkat dua, yang membuka jasa untuk membantu upload melalui platform-platform agregator ini. Contohnya gausah tak sebut disini, bisnis orang masing-masing.

Singkat cerita, caranya gimana? Saya share pengalaman Jono Terbakar ya

Kami pakai Freshtunes, Routenote, dan Amuse. Apa bedanya? Freshtunes tidak dipotong royaltinya, tapi kalau mau minta laporan yang detil harus bayar. Routenote memotong 15% royalti. Amuse gratis-tis tapi cuma baru bisa upload lagi setelah yang diupload sebelumnya selesai.

Ini yang ditunggu-tunggu: Caranya gimana?

  1. Siapkan file yang dibutuhkan. Sebaiknya siapkan Wav 44khz dan Mp3 320kbps. Artwork minimal 3000x3000px. Keterangan lain (judul lagu, composer, dll)
  2. Sebagai contoh: masuk amuse.io. Bikin akun. Klik Release.
  3. Tinggal diikuti aja skemanya. Trial and error.

Saya tidak mau detil dalam membuat tutorial. Tidak mendidik. Silahkan dicoba dan akan terbiasa. Kalau punya pertanyaan silahkan kontak saja. Oya untuk royalti, hampir semua menggunakan Paypal untuk pencairannya. Beberapa platform punya batas transfer, misal: 10$ baru di transfer, atau contoh riilnya Routenote yang punya batas minim 50$ baru di transfer.

Selamat mengupload lagu ke Spotify dan siapkan keikhlasan karena royalti tidak seberapa. Mau dapat duit? Kerja aktif dong. Pasif income adalah hoax, bagi yang belum bisa mendapatkannya wkwk

***

Jono Terbakar melalui Jonotify juga menyediakan jasa bantuan upload lagu ke Spotify. Untuk teman-teman yang tidak bisa dan tidak mau upload sendiri, silahkan hubungi WA +62 89 616 337 445. SUPERSENGSU

Yogyakarta, 4 Desember 2020
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cak Parmin
Dihital
Jam Buka
Kualitatif