Trip Report. Tokyo & New York (2021)

Kalau melihat hanya dengan mata, maka internet adalah solusinya. Namun melihat itu adalah kombinasi dari semua panca indra. Saat melihat, kita juga mendengar. Saat melihat, bulu kuduk kita juga ikut bercengkrama dengan seluruh kemungkinan di sekitar kita.

Trip report ini saya susun dengan kemataan. Pada saat saya berkunjung ke sebuah website dari Klaus Gallery, tertulis disitu sebagai anggota dari New Art Dealers Alliance (NADA). Saya klik saja. Terus saya klik lagi di bagian Members dan muncullah banyak galeri yang terafiliasi disana. Konon, menurut laman “Join”-nya. untuk menjadi anggota harus membayar 300 USD per tahun dan juga galerinya by invitation saja. Jos. Ekslusif. Padahal saya mau ndaftarin Gallery hape saya hihi

Saya ke Tokyo, mampir ke Kayokoyuki . Awalnya bingung karena bahasanya Jepang, namun ternyata setelah saya telusuri website-website galeri Jepang, ada pilihan JP/EN sebagai bahasa websitenya. Mungkin fitur ini juga perlu diadakan di website berbahasa indonesia untuk aksesibilitas globalisasi wkwkwkw. Saya lihat pameran tunggl Yu Nishimura dan beberapa seniman lainnya. Arsip pamerannya bagus.

Lalu terbang ke New York untuk melihat pameran di The Hole. Di Instagram galeri ini terkenal. Galeri ini juga arsip pamerannya enak ditonton, Saya nonton pameran tunggalnya Misaki Kawai “Cave Life” yang menambah referensi display saya, ruangannya di cat kuning dan karya-karyanya seru. Lalu ada juga KATSU dengan pamerannya “DOT”, eksperimental dengan drone pengecat.

Saya menikmati arsip. Arsip yang kalau memang tidak sedang dimanfaatkan akan teronggok. Namun ketika digunakan atau dimaknai ulang akan menjadi sebuah amal jariyah yang tak putus-putus maknanya.

Sama seperti blog ini, dengan pembaca yang tidak terlalu banyak, namun barang kali beberapa orang menemukan titik manfaatnya. Atau nanti disuatu masa akan jadi manfaat. Semoga.

Yogyakarta, 7 Januari 2021
Jono Terbakar

2 thoughts on “Trip Report. Tokyo & New York (2021)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rapunjel
Kultur Radio
Asu-Asu
Suwun FOSS
soto podomoro