Suara, Dengarkan Hijau Daun Ya

Akhir-akhir ini saya sedang sering mendengarkan musik instrumental, kebanyakan elektronik. Saya ingin mencoba memahami musik sebagai bahasa universal. Apakah tanpa lirik, bahasa verbal yang lebih dapat menjelaskan maksudnya, musik bisa membawa pesan ke pendengarnya?

Saya besar dengan musik dan lirik. Musik dan lirik saling bergabung untuk menjadi padu padan yang seru. Tapi mungkin juga musik cuma jadi gojek bagi lirik. Musik melatarbelakangi maksud hati penulis lagu yang disampaikan dengan lirik-liriknya.

Saya bisa bahasa inggris, bukannya sombong, maksudnya jadi saya bisa paham maksud orang yang menyanyi dalam bahasa inggris. lalu saya dengarkan lagu berbahasa arab dan prancis, saya tidak paham, tapi saya suka juga. Saya merasa tersesat namun menyenangnkan. Saya dengarkan musik klasik dan elektronik instrumental, saya nungguin orang ngomong/nyanyi eh ternyata tidak ada hehe.

Lambat laun, semakin telinga dipaksa untuk mendengarkan musik (apapun genrenya, minumnya teh botol kecap) lama kelamaan telinga saya adaptasi. Kadang musik instrumental, bagi saya lebih asik jadi soundtrack of my life alias tidak usah terlalu disimak, saya jadikan musik latar hidup saya. Kek film-film aja ya.

Masalah bunyi dan sunyi ini menarik sekali. Ia multi dimensi, multi tafsir, multi seksual. Musik sebagai bunyi masuk dalam budaya audio. Namun, untuk menampilkan musik di panggung, saya rasa musik tidak bisa lepas dari aspek lain: visual, dll.

Jadi yang namanya musik itu yang mana? Apakah mungkin melepaskan musik dari stigma-stigma lain yang menaungi? Duh, urip jaman saiki ki full branding je hahahahaha

Debat itu ranah ilmiah dan akademik. Mari apresiasi musik dengan los stang. Santai ja, dinikmati dan yang penting dihidupi yang bikin musiknya, sebagaimana musik bisa membuatmu hidup. Ini aku ngomong sama diriku sendiri lho, gausah geer.

Yogyakarta, 20 Desember 2020
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rapunjel
Kultur Radio
Asu-Asu
Suwun FOSS