P2P

Kalau kamu punya sesuatu lalu berbagi dengan temanmu apakah salah? Ini sebuah dilema dalam dunia internet. Torrent adalah sebuah hal yang legal, sesuatu yang didownload dari torrent kadang yang membuatnya jadi ilegal.

Dunia berbagi semakin global, ada kekuatan-kekuatan seperti rusia, china, indonesia, dan india yang terus menerus melestarikan budaya berbagi non kapitalistik. Film, buku, aplikasi, atau apapun yang kamu bayangkan ada di dunia torrent.

Saya baru akhir-akhir ini menggunakan torrent lagi, awalnya gara-gara magnet link dari downloadan legal album-album King Gizzard. Kemudian saya mencoba melihat-lihat dunia torrent. Ternyata sekarang semakin advance, lama sekali saya tidak lihat dunia itu.

qbittorrent jadi software opensource favorit banyak orang. Lalu situs macam 1337x.am terus menerus diperjuangkan ada, situs-situs macam ini biasanya di banned lalu hadir dengan domain yang berbeda-beda. Budaya berbagi tidak akan pernah mati, namun kadang kalau kita mencoba meletakan posisi kita di pembuat karya, rasanya akan berbeda.

Tapi, memang buku 20$ harganya cukup mahal untuk sejumlah orang di negara dunia ketiga. Pitikih

Yogyakarta, 31 Januari 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dihital
Jam Buka
Kualitatif
Pagi