Kabel-kabelan

Dari laptop mau ke speaker, kabel yang dipakai apa ya? Saya sempat bingung dan males kalo bingungnya di toko listrik haha. Untung dapat informasi di tokopedia kalau ada kabel jenis “3.5mm to 2RCA”. Jadi satu ujung kabel adalah kabel jack headphone yang biasanya itu, ujung satunya ada dua kabel RCA warna putih dan merah. Sekarang suara dari laptopku bisa agak kencengan dikit keluar dari speaker.

Ada lagi konverter headphone soundcard. Lubang di soundcardnya cukup besar, ukurannya bukan 3.5mm. Padahal headphone saya cop-copannya ukuran 3,5. Akhirnya harus pakai konverter, bentuknya seperti ujung kabel tapi di atasnya ada bolongan lagi, bolonganya ukurannya 3.5mm. Hore sekarang headphoneku bisa buat jadi monitor soundcard.

Soundcard ini sudah saya miliki lama, Alesis IO2, hilang kabel powernya jadi tidak pernah dipakai lama. Waktu kemarin ketemu, saya coba powernya saya ganti pakai kabel usb printer. Ternyata bisa. Saya selalu takut datang ke toko listrik untuk menjelaskan kabel yang saya cari, karena beberapa kali saya gagal menjelaskan haha.

Satu kabel itu membawa kemungkinan-kemungkinan baru: siaran radio, rekaman di rumah, dll.

Kabel adalah penghubung. Kita sebagai manusia adalah kabel-kabel juga. Saling terhubung satu sama lain. Kalo ganyambung harus dicari konverternya. Kalo putus hubungannya harus diperbaiki. Kadang nyari kabelnya sulit juga, tapi sabar pelan-pelan juga nyambung.

Sa ae.

Yogyakarta, 16 Februari 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dihital
Jam Buka
Kualitatif
Pagi