Jaman Unduh

Semakin dikulik, jaman ini semakin membingungkan. Jaman dimana informasi bisa diakses dengan mudah, tapi pengolahan informasinya kadang tidak optimal. Mengunduh sesuatu gampang, mengunduh maknanya dan kegunaannya yang dipersoalkan.

Saya rasa, dengan kemudahan mencari “sesuatu pdf” di google, pengetahuan akan terbuka. Semisal saya kemarin iseng-iseng mencari katalog-katalog seni rupa, ketemu. Saya mencari pricelist harga karya-karya seni ketemu. Mencari CV seniman apalagi, mudah.

Lalu apa yang harus dilakukan dengan semua data itu? Saya olah jadi informasi. Saya menganalisis CV seseorang lalu membayangkan karirnya. Bagaimana dia pameran pertama di luar Jogja, kapan pameran pertama di luar negeri, karya apa yang dipamerkan. Kemampuan analisis ini sudah embed di dalam diri kita, tinggal di unlock. Kemampuan kepo kalau dalam bahasa sekarang.

Mohon maaf ya, tulisan ini terkesan menggurui, karena saya memang bercita-cita jadi guru tanpa murid. Selamat mengunduh dan mengunggah serta menggugah diri dan orang lain.

Yogyakarta, 17 Januari 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dihital
Jam Buka
Kualitatif
Pagi