Dihital

Kemarin, Ibu minta tolong migrasi dari BNI Syariah ke Bank Syariah Indonesia. Beliau agak bingung, saya cari caranya ternyata ada beberapa jalur: call center, WA, chat web, dan lainnya. Semua bank syariah yang merger akan harus kedepannya migrasi, dan arahnya adalah dimigrasikan ke app BSI Mobile.

Semakin digital, semakin efisien, semakin memudahkan, semakin bagus ya? Tunggu dulu

Bagi kita yang milenial, atau melek teknologi tentu bukan perkara sulit untuk menggunakan app. Tapi saya melihat sendiri bapak dan ibu saya, yang bersentuhannya dengan internet ketika sudah tua, cukup kesulitan, seperti contohnya pernah tertipu di FB Marketplace, disuruh transfer dulu dll.

Teknologi bisa menciptakan kemudahan dan juga adanya marjinalisasi terhadap beberapa kategori manusia. Apakah ini buruk? Ya seperti dua sisi pisau itu lah ya, ada baik ada buruknya. Kita mau fokus ke mananya?

Efek ini tidak bisa dipungkiri, semakin saya bertemu orang-orang yang kesulitan dengan adanya pengiternetan hal-hal saya jadi makin bisa berempati, Dulunya saya pikir semua orang harusnya bisa, karena semua orang bisa belajar dan beradaptasi. Gara-gara internet saja, akhirnya kepikiran survival of the fittest hihi #berlebihan.

Ya semoga, kita bisa fokus ke kebaikannya. Lagi pula, perubahan akan selalu menemui rintangan dan terasa berat bagi beberapa atau banyak orang. Dan migrasi ini, bagi saya cukup fair, karena masih ada opsi datang ke kantor cabang. Tentunya hal ini memudahkan bagi masyarakat yang memang prek dengan internet hehe

Yogyakarta, 5 Mei 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jam Buka
Kualitatif
Pagi
Bapake Bobo