Broadcast

Hari ini dan kemarin, saya coba-coba broadcast. Pertama, siaran radio dalam bentuk audio. Kemudian saya juga mencoba siaran radio di Youtube. Yang terakhir, siaran video live di Twitch.

Untuk setting radio, caranya mengaktifkan server di caster.fm kemudian data server dimasukkan di aplikasi Mixxx (gratis, saya pakai Windows) dan kemudian di broadcast. Pendengar mendengarkan lewat pemutar yang saya embed di radio.jonoterbakar.com.

Untuk siaran di Youtube dan Twitch, saya menggunakan software OBS (Open Broadcasting Software, yang gratis juga). Sistemnya sama, di Youtube dan Twitch kita mengkopi kode servernya lalu di masukan ke OBS. Karena internet yang terbatas, saya sempat ada kendala gara-gara menggunakan bitrate yang ketinggian. Dampaknya pada kebutuhan kecepatan upload internet yang lebih tinggi, ketika bitratenya saya turunkan alhamdulillah streaming di pihak penonton jadi lancar. Anak saya mencoba main Roblox sambil mendengarkan lagi dengan poster pameran saya dan webcam yang ditampilkan di layar. Pokoknya kayak gamer-gamer gitu lah haha.

Jaman sekarang, broadcast ternyata semakin mudah. Tapi tak semudah itu sih, kalau kita tidak paham dan tidak mau memahami bab-bab teknis. Sebenarnya semuanya simple, namun mungkin tiap software dan tiap server punya tampilan yang beda-beda, sehingga harus dipelajari dulu sebelum menggunakan.

Selamat menyuarakan sesuatu.

Yogyakarta, 7 Februari 2021
Jono Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dihital
Jam Buka
Kualitatif
Pagi