Kursi

May 13, 2020 - Reading time: ~1 minute

Yang bikin kursi gaakan nyangka kalau barang sesepele itu diperebutkan. 

"Saya punya banyak weeeeek :p", kata beliau

Menjabat itu melekatkan diri pada sesuatu. Meninggalkan dunia itu melepaskan lem-lem di pantat. 

Biar orang berebut kuasa. Kita ketawa saja. Soalnya Mr. Bean lucu banget walaupun shootingnya puluhan tahun lalu.

Terus menurutmu gimana?

Yogyakarta, 13 Mei 2020

Jono Terbakar


Masak Lagu

May 13, 2020 - Reading time: ~1 minute

Misal membandingkan musik dan masak, secara bahan hampir sama nanti tinggal di seasoning membedakannya. Mau garamnya banyak, hasilnya asin. Pakai micin, lebih nendang. Dikasih pengawet, lebih industrial.

Kalau Jono Terbakar, sementara ini lagi suka masak lagu ala masakan rumahan. Sebab kalau kita sering masak, bakal tau yang bikin enak dari jajan favorit kita adalah micin, garam, dan chicken powder yang harus diistighfari jumlahnya.

Memang gasemua orang suka sih. Tapi emang buat yang paham-paham aja dan mau belajar memahami saja. #sikap

Yogyakarta, 13 Mei 2020

Jono Terbakar


Upload Spotify Bisa Gratis Kalau Kamu Mau Sedikit Repot

May 13, 2020 - Reading time: ~1 minute

Halo sejawat musik

Kamu mau upload ke spotify? Bisa bayar lewat banyak jalur (CDbaby, Tunecore, Distrokid, dll). Bisa gratis (Euphoria Digital, Routenote, Amuse).

Kalo budgetmu mepet (baca: ga punya budget) atau mau mempertahankan keindieanmu #prek, silahkan manfaatkan pengalaman Jono Terbakar ini

SIAPKAN FILE WAV 44.1 khz 16bit dan MP3 320kbps + Artwork minimal 3000x3000px. Kalau sampai sini sudah bingung dan gamau cari tau: MATI AJA atau hubungi Sangat Records untuk jasa menguploadkan

1) Routenote.com

Bikin akun. Lalu "create release". Ada paket gratis tapi dipotong 15% dari royalti. Laporan detil. Royalti dikirim via Paypal setiap mencapai 50$.

2) Amuse

Ada paket gratis. Upload 1 bulan lamanya. 100% royalti utuh. 

Sejauh ini, 2 ini yang gratis dan saya rekomendasikan.

Pengalaman Berbayar kami: DISTROKID ($18 setahun)

Kenapa kami tidak melanjutkan yang berbayar? Ada 2 alasan: 1) Royaltinya waktu itu belum bisa mengkover biaya pertahunnya 2) Kalau tidak bayar lagi taun berikutnya, albumnya di takedown dari spotify dan gerai lain

Bingung? Wajar. Kalo bingung udah diuploadin aja sama Sangat Records, labelnya Jono Terbakar

Yogyakarta, 13 Mei 2020

Jono Terbakar


Jam Buka

May 13, 2020 - Reading time: ~1 minute

Keadaan seperti saat ini memberi pandangan baru tentang kota ini yang sejatinya diramaikan oleh mahasiswa dan wisatawan. Ketika keduanya tak ada, kota layaknya desa. 

Mungkin ini cuma mataku saja yang melihat. Belum pernah sekosong ini pukul 20.00

Ramadhan kali ini berbeda. Sahurnya pukul 02.00 tapi bukanya kok tidak pukul 16.00. 

Toko buka lebih siang. 24 jam sedikit sirna digantikan 10.00. 

Semoga tidak lupa caranya jumatan hehe. Everyday is holiday. Suck my dictionary. 

Yogyakarta, 13 Mei 2020

Jono Terbakar


Rekaman

May 13, 2020 - Reading time: ~1 minute

12 Mei, Jono Terbakar mulai memasak album ke23 di DS Records. Beberapa lagu mulai kelihatan bentuknya, setelah lama berputar-putar dikepala saja dalam bentuk konsep.

Kali ini, didukung teman-teman anti-jonoterbakar melalui crowdfunding di jonoterbakar.com/crowdfunding. sengsu.

Semoga korona segela lewat. Kalaupun tidak lewat-lewat semoga kita semua terbiasa dengan lambatnya dunia

Yogyakarta, 13 Mei 2020

Jono Terbakar